Google Talk

Kamis, 11 Juni 2009

Analisa Aplikasi

Seperti pada posting saya sebelumnya tentang "Analisa WEB" kali ini..saya akan mencoba membahas tentang "Analisa Aplikasi Ekspedisi DHL" yang saya dapat dari berbagai sumber..Artikel ini saya buat untuk menyelesaikan tugas III dari perkuliyahan E-Bissnis yang di berikan oleh bapak Dafwen Toresa.

Photobucket

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai analisa Ekpedisi DHL tersebut saya akan mencoba menjelaskan strategi² apa saja yang biasanya digunakan dan yang erat hubungannya dengan perusahaan seperti DHL tersebut.

Yang pertama adalah SCM (Suplly Chain Management), konsep ini lahir karna kesadaran akan adanya produk yang murah, cepat dan berkualitas. Pelaku industri mulai sadar bahwa untuk menyediakan produk yang murah, berkualitas dan cepat, perbaikan di internal perusahaan saja adalah tidak cukup. Peran serta supplier, perusahaan transportasi dan jaringan distributor sangat penting & dibutuhkan. Tujuan utama supply chain management adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan melalui penggunaan sumber daya yang pailng efisien.

Yang kedua adalah CRM (Costumer Relationship Management), Merupakan strategi pemasaran yang saat ini marak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang menginginkan pelanggan / konsumen mereka tetap membeli produk / memakai jasa mereka.

Tanpa berlama-lama saya akan mencoba kembali ke topik diatas tentang "Ekspedisi DHL"

DHL adalah pemimpin pasar global di international express, transport darat, dan freight udara. DHL juga nomor satu di dunia untuk freight laut dan layanan kontrak logistik. DHL menawarkan rangkaian lengkap solusi - dari pengiriman dokumen ekspres sampai ke pengelolaan rantai pasokan. Agar dapat melayani kebutuhan konsumen, DHL memiliki beberapa spesialis divisi sbb:

1. DHL Ekspres
DHL Ekspres menawarkan layanan Same Day (Hari Yang Sama), Express (Kilat), Parcel
(Paket) dan Kiriman.

2. DHL Freight
DHL Freight menawarkan solusi transport internasional dan nasional untuk muatan
penuh sebagian dan penuh (part and full load)

3. DHL Global Forwarding
DHL Global Forwarding adalah pemimpin pasar di udara dan di ekspedisi laut dan sebagai penyedia layanan logistik proyek untuk seluruh dunia.

4. DHL Exel Supply Chain
DHL Exel Supply Chain membantu konsumen dengan solusi berbasiskan IT dengan cakupan jaringan yang ada. Dan juga logistik pengadaan inti, pergudangan dan pengoperasian logistik penjualan. Memang disadari bahwa penerapan konsep SCM yang digunakan Manajemen ini memungkinkan pelanggan DHL untuk melacak produk-produk mereka pada waktu melalui mata rantai pemasokan, dari tempat asalnya hingga ke tempat tujuannya.

Dari pembahasan di atas dengan semakin pentingnya layanan maka agar dapat bertahan
sebuah perusahaan harus menyadari akan arti pentingnya memperkuat layanan yang ada.

Sekian dulu yang dapat saya analisa dari kasus "Ekspedisi DHL". Berikutnya saya akan mencoba menjelaskan Analisa Umum tentang mata kuliyah E-Bisnis :

E-Bisnis ditujukan untuk meningkatkan daya saing organisasi dengan memanfatkan
teknologi informasi baik dalam lingkungan organisasi secara menyeluruh maupun di
luar organisasi, melalui hubungan mitra diluar organisasi. e-bisnis mencakup
e-commerce dan proses internal, seperti : produksi, manajemen persediaan, pengembangan produk, manajemen resiko, keuangan, manajemen pengetahuan, SDM, dll.

E-Bisnis merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).

Fungsi dari E-bisnis yaitu untuk men-support bagian dari marketing, produksi, accounting, finance, dan human resource management. Proses transaksi online memegang peranan yang sangat penting pada E-bisnis. Yang termasuk proses transaksi online adalah :
• 1. Data entry
• 2. Transaction processing
• 3. Database maintenance (organization’s databases)
• 4. Document and report generation
• 5. Inquiry processing (Proses pemerikasan)

Contohnya adalah : sebuah perusahaan skala kecil di Legian (Bali) yang memanfaatkan teknologi internet untuk menjual (mengekspor) ribuan layangan ke Australia pada saat musim panas, atau perusahaan skala menengah di Jepara yang berhasil menggunakan situs untuk mempromosikan dan melakukan transaksi jual beli furniture ke negara-negara Eropa.

Defenisi E-bisnis memperlihatkan bagaimana teknologi informasi berfungsi sebagai media tercapainya proses dan sistem bisnis yang jauh lebih baik dibandingkan cara-cara konvensional.

Artikel ini memang bersifat teknis saja..harap dimaklumi kalo ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan artikel ini...saya mengharapkan kritik, saran, dan masukan dari sobat² yang telah membaca artikel ini dan juga dari pak Dafwen Toresa.

Nb : Karena Ujian Semester sudah dekat..saya tidak ingin membuang-buang waktu yg ada..jadi terpaksa tugas ini kejar tayang..Cozzz "Waktu itu bagaikan pedang..jika tidak kau potong maka ia (waktu) akan memotongmu"

.:: Special Thanks & Sumber ::.
Dafwen Toresa
www.dhl.co.id

23 komentar:

  1. yup.... al waqtu kasy syaif.. hehe seeep :)

    BalasHapus
  2. Mantap artikelnya bro, lengkap dan bermanfaat...

    Btw, dah bisa jadi dosen nih... hehehe

    Sukses Selalu Brother :)

    BalasHapus
  3. weehh keren..hehe

    kalo photonya itu bagian tugas gw sob,, namanya panning shot kalo ga salah..heh

    BalasHapus
  4. wow... nice analisis... laen kali ajarin ngarang kata2 yang bagus y... hohoho.. maklum masih pemula dalam menulis

    BalasHapus
  5. Ekspedisi DHL pelayananya lengkap ya mas :)
    kantor pos kalah tuhh... :D
    XIxiix..XIXiix

    BalasHapus
  6. dapet award bos, udah diambil belum ni???

    BalasHapus
  7. wah...kayaknya blog ini dah ditinggal ama pemiliknya lama sekali....UPDATE donk......

    See More My Blog

    Natha Lia Blog

    Download Ebook Free

    Download Full Free Software

    Adult Blog

    BalasHapus
  8. pemanfaatan waktu emang bener2 penting kang iia :)

    BalasHapus
  9. makasih mas,, bisa buat bahan perkuliahanku juga ..hihi :)

    BalasHapus
  10. cakep dah ni post.. salam kenal :D

    BalasHapus
  11. terimakasih banyak sob buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

    BalasHapus
  12. makasih atas informasinya yang telah anda berikan kepda kami khususnya kepada saya, sangat membantu deh

    BalasHapus
  13. terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  14. Sumber informasi yang sangat bermanfaat semoga sukses selalu

    BalasHapus
  15. informasi yang bermanfaat semoga sukses selalu

    BalasHapus
  16. nice info gan, gimana kabar nya gan

    BalasHapus

Pengunjung

Powered by  MyPagerank.Net Counter
Free Counter Add to Technorati Favorites
Dee Qiero's Profile
Dee Qiero's Facebook profile
Create Your Badge
 

Copyright © 2009 by dee-Q bLoG