Google Talk

Minggu, 19 April 2009

Analisa WEB

Waaaaalaagh..berhubung saya ada tugas kuliyah tentang Analisa WEB nech plend maka saya akan mencoba membahasnya di artikel ini..serta berusaha menilai kandungan informasi dari sebuah web site.

Sebuah kata kunci yang dimasukkan ke dalam mesin pencarian akan menghasilkan sebuah daftar halaman web (mungkin panjang, mungkin pendek) yang mengandung kata kunci tersebut..Bobot ataupun makna kata kunci yang ditemukan di halaman-halaman yang berbeda tersebut jelas tidak sama, tergantung sepenuhnya pada tujuan pencarian kita.

Baiklah tanpa berlama-lama..saya akan mencoba menganalisa beberapa WEB terkemuka yg mungkin sudah anda kenal sebelumnya..!!

1. AMAZON.COM
Amazon.com adalah toko online yang menjual buku, film, permainan, DVD, CD musik, perangkat lunak komputer dan barang lain. Amazon.com merupakan toko online terbesar untuk saat ini..dan merupakan portal e-commerce raksasa dunia yang melayani jasa penjualan online.

2. DETIK.COM
Detikcom ialah sebuah portal web yang berisi berita aktual dan artikel online di Indonesia.Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detik.com hanya mempunyai edisi online dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news).

3. BHINEKA.COM
Tak banyak memang yang tersisa dari sekian banyak pemain e-commerce seperti saat bisnis ini booming di era 90-an.Salah satu pemain yang mampu bertahan sampai saat ini adalah www.bhineka.com. Kebanyakan pemain e-commerce lokal yang mampu bertahan bermain pada produk jasa. Namun tidak demikian dengan bhineka.com, di situs ini dijual semua produk yang terkait dengan computer seperti notebook, PC, server, produk gadget dan perangkat elektronik lainnya.

Wah sebelumnya aku kenal bhineka.com dengan warna merah berani dengan dicampur mahkota lidah apinya seakan-akan membakar semangat para pembelinya. Memang keren sekali desainnya. Tapi ada kejutan prend!!

Aku terkejut dengan perubahan tampilan mereka yang sangat berbelok drastis 180 derajat. Mereka sekarang terlihat sangat ramah dengan warna hijau pupus yang sangat anggun dipadu dengan putih menambah kesan lembut pada design baru mereka. Selain dari unsur warna design yang mengambil tema “faces of indonesia” atau diartikan “topeng indonesia” ini sekarang lebih informatif dengan tetap mempertahankan cirikhasnya dengan currency converter di bawahnya. Lihat saja mereka mempunyai lebih banyak tempat untuk menaruh iklan yang walaupun banyak tetap tidak mengganggu ke anggunannya.

Sekarang ada sesuatu yang baru di bhineka.com yaitu keberadaan bhineka@post dan product review, Sangat innovatif! Adanya review produk tentunya dapat menjadi nilai tambah bagi bhineka.com untuk dapat menjamah pembaca walupun tidak membeli dan tentunya akan meningkatkan loyalitas mereka. bhineka@post sendiri adalah berita yang ditulis mereka. yang penting buka aja deh bhineka.com. Gak ada unsur promosi lho!!

4. SITUSOTOMOTIF.COM
SitusOtomotif.com adalah media otomotif online independen yang menyajikan berbagai liputan otomotif Indonesia dan manca negara. Website ini dibuat untuk mengakomodasikan antusiasme insan otomotif Indonesia baik dalam hal pengatahuan, sosialisasi, inspirasi dan berbelanja.

SitusOtomotif.com juga menyajikan tip-tips perawatan mobil, tips modifikasi mobil, review mobil, bursa mobil bekas, dan auto mall (tempat dimana para pemain dalam industri otomotif memajang produk dan servicenya) untuk membantu SO mania mengutak-atik mobil kesayangannya.

Selain dari fitur-fitur di atas SitusOtomotif.com juga menyajikan Open Market dan Forum Otomotif sebagai wadah bagi SO! Mania untuk berjual beli barang bekasnya dan juga bertukar informasi otomotif secara terbuka.

5. EBAY.COM
eBay.com adalah sebuah situs web lelang online, di mana orang-orang dari seluruh dunia dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa.

Awalnya situs ini dimiliki oleh Echo Bay Technology Group, firma konsultasi Omidyar. Omidyar telah mencoba mendaftar nama domain "EchoBay.com" namun nama itu telah dimiliki orang lain, jadi dia memendekkan namanya menjadi "eBay.com". eBay bermarkas di San Jose, California, Meg Whitman telah menjadi presiden eBay dan CEO-nya sejak Maret 1998.

Kesuksesan e-bay ini menjadi inspirasi bagi banyak perusahaan lelang lainnya yang menyebar keseluruh dunia. Ide daripada eBay ini merupakan salah satu contoh dari fenomena "Long Tail" yang dipaparkan oleh Chris Andersen lewat bukunya yang berjudul sama "The Long Tail", dimana pasar ideal akan tercipta dimana keragaman barang yang dijual akan semakin banyak, sementara jumlahnya semakin sedikit.

Walaagh...panjang banget jadinya yaakk...yg diminta cuma lima WEB aja utk tugas kuliyah saya heeehee..padahal sudah dibuat sesingkat mungkin nech..jadi harap maklum kalo artikel saya ini agak belepotan...!!

Saya harapkan saran, kritik, tambahan atopun masukan dari sobat blogger atau pengunjung lainnya...maklumlah nech tugas kejar tayang sob (kayak pelem bioskop aja)...dan utk dosen saya pak DAFWEN TORESA...pesan saya mudah-mudahan artikel ini dapat berguna utk menambah pengetahuan kita..dan mudah-mudahan saya mendapatkan nilai yg memuaskan...hehehe...Trimsss...!!

Just remember..No body perfect in the world..!!

18 komentar:

  1. wah udah bgus sob...cuma tergantung dr minat pasar butuh nya yg panjang ato singkat tp berisi wehehehhe...

    sepp

    BalasHapus
  2. sedikit saran kalo ....... analisa web itu tergantung dari segi mana dianalisanya apakah hanya GUI nya saja atau dari segi security/databasenya.......

    karena yang saya tau ada analisi pasti ada desainnya......

    Nice post.

    BalasHapus
  3. oke... dik..
    saya setuju dengan pendapat 'manusia biasa' tergantung sisi yang di analisa dan wawasan serta knowladge penganalisa juga ;)

    thanks

    BalasHapus
  4. Tengkyu atas sarannya...

    Artikel ini juga hanya sebatas analisa terhadap WEB tentang WHO(pelaku bisnis), WHAT(Jasa,Produk,informasi), HOW(Mekanisme),and General(Analisa umum lainnya) saja...kalo labih detailnya saya blum bisa menganalisanya..

    @Riip666
    ---> Mantabbzz...yg penting isinya yaak..hehehe..

    @manusia_biasa
    ---> Tengkyu sob atas sarannya saya sgt menghargainya..tul jg tuh..tengkyu skali lage sob..

    @Dafwen Toresa
    ---> Trimss sudah berkunjung dan memberikan sarannya pak...

    BalasHapus
  5. mokasih yo sanak jo info nan bahas analisa web ko..

    BalasHapus
  6. kerenn analisanya maknyusss hehehehehe

    BalasHapus
  7. analisa blog saya juga dong...hihihi...

    kaburrrrr :P

    BalasHapus
  8. oh ya jgn lupa klik http://ayluvcin.co.nr
    kritik n saran bener2 membantu

    BalasHapus
  9. Wuih, ribet juga tu tugas :D
    Moga hasil'z dapat nilai bagus :D

    BalasHapus
  10. mampir lagi sob lihat analisa yang mak nyuss

    BalasHapus
  11. wa, yg bhineka aku baru tau kemarin tuh..
    oke sob, aku juga g mulai ngerintis bisnis online nih.
    ada tips baru kabarin ya..

    -salam persaHabatan-
    Yup !

    BalasHapus
  12. terus semangat sobat.....


    entah itu tugas atw apa lah....

    yg penting kl bermanfaat....usahakan terus sampe bisa.....


    semangat....

    BalasHapus
  13. nice post....sangat menarik sekali selalu semangat untuk post okey :))
    kalo mau tau tentang ilmu komputer, tips online, dunia selebritis, belajar internet marketing,
    belajar seo, dapat penghasilan dari blog, cari duit yang halal buat beli susu anak
    di http://blogfetra.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Kapan-kapan boleh kan saya belajar tentang sesuatu kepadamu..?

    BalasHapus
  15. web jalur hitam gak ada yang dianalisa bro....


    wkwkkwk...........

    BalasHapus
  16. Wahhh blog yang menarik...
    Salam kenal bro, Sukses ya utk kuliahnya..

    BalasHapus

Pengunjung

Powered by  MyPagerank.Net Counter
Free Counter Add to Technorati Favorites
Dee Qiero's Profile
Dee Qiero's Facebook profile
Create Your Badge
 

Copyright © 2009 by dee-Q bLoG